Senin, 18 April 2011

Memasuki Mesin Waktu dengan Otakmu

Malam malam begini selain menikmati kopi yang hangat, paling enak adalah membuka otak dan mengeluarkan semua isi yang berasal dari waktu dimana seseorang tak bisa mengulanginya kembali dan hanya bisa meratap bagi peristiwa yang menyedihkan. Ingin menghapusnya bagi peristiwa yang membuat seseorang marah. Dan bagi peristiwa yang mengasyikan paling membuat kita selalu tersenyum, bagi seseorang pasti akan ingin sekali mengulanginya. Alur demi alur yang detail, serta latar dan suasana yang sempurna, serta yang menjadikan peristiwa itu baik untuk seseorang tersebut. Ya, itu adalah sebuah masa lalu.

Saya adalah seseorang yang tidak gampang melupakan masa lalu. Selalu ada peristiwa yang secara tak sadar direkam oleh otak. Setiap detail tersebut akan membawa suasana pada peristiwa tersebut. Mungkin itu tersimpan di dalam otak memori jangka panjang. Walaupun saya bodoh dalam menghafalkan atau payah dalam menyimpan file di dalam otak memori jangka pendek maupun menengah, tapi pada saat saya diingatkan pada suatu objek, otak memori jangka panjang akan mengeluarkan isi filenya sedetail mungkin. Dan itu saya sebut discography otak. Bisa menimbulkan efek yang bisa menjadi baik atau mungkin juga tidak bisa menjadi baik.

Dan memang pada saat saya 'disentuh' oleh sesuatu objek, seolah - olah saya kembali pada sebuah masa lalu yang diingatkan melalui objek tersebut. Contohnya ketika saya mendengarkan lagu - lagu dari GIGI, Slank, Dewa yang era bermusiknya tahun 90 dan awal 2000an maka saya seolah - olah menjadi remaja yang menikmati lagu - lagu tersebut pada eranya.  Begitu juga saat saya melihat sebuah foto yang mengingatkan pada kehidupan saya waktu SD dan SMP. Seolah - olah saya bereinkarnasi untuk hadir pada jaman itu.

Jika film Inception yang dibintangi Leonardo di Caprio masih membutuhkan aktor figuran, mungkin saya bisa memerankan aktor tersebut dengan catatan suasana tersebut terbawa oleh semua pikiran yang diberikan sutradara. haha. Demikian blog 'tidak penting' yang bisa kami sampaikan. Mudah - mudahan anda bisa menikmati blog saya dengan hati dan otak yang mumpuni.

Tidak ada komentar: