Kamis, 21 April 2011

Keanekaragaman Lagu Indonesia

Pernahkah anda mendengarkan sebuah lagu ? Bagaimana perasaan anda saat mendengarkannya ? Apakah sebuah lagu tersebut mengingatkan anda dengan sesuatu ? Dan lagu yang seperti apa yang anda suka ? Dan terakhir, apakah klise pertanyaan saya ?

Lagu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dsb). Tapi menurut saya, lagu adalah ragam suara yang berirama dan memiliki makna. Mengapa saya tambahkan memiliki makna ? Karena eh karena jika lagu tidak memiliki makna, maka lagu itu tidak bisa dinikmati bagi yang mendengarnya. Bayangkan saja, pernahkah anda menghitung berapa lagu yang tercipta dari pertama kali lagu diciptakan ? Tentu itu pertanyaan yang paling susah karena jaman terus berubah dan lagu terus menerus bertambah setiap detiknya. 

Mengenai makna sebuah lagu. Tentunya kita pasti mempunyai tafsir yang berbeda - beda tentang kualitas makna sebuah lagu. Mungkin anda mengatakan bahwa lagu pop melayu murahan karena liriknya yang 'menye menye'. Tetapi orang lain malah menyukai pop melayu yang liriknya 'gue banget' dan menganggap musik hardcore malah musik gak jelas. Sekali lagi ini pendapat, pasti berbeda. Sidik jari aja beda, apalagi pendapat orang kan ? Dan semua pandangan tentang lagu itu tergantung orang yang memandangnya.

Dan setiap orang pasti mempunyai (min. 1) lagu yang setidaknya dia kuasai. Entah lagu dangdut, pop, jazz, marawis, mandarin, bahkan lagu kebangsaan pun setidaknya sudah bisa hafal diluar kepala. Dan setiap orang pasti memiliki soundtrack di dalam hidupnya. Mungkin lagu C.I.N.T.A d'bagindas, atau mungkin elegi esok pagi Ebiet G. Ade, atau syahdu dari Bang Haji, atau mungkin Koil dengan Suaramu merdu ? Semua pasti punya lagu 'identitas' yang berbeda beda. 

Dan inti dari blog ini adalah keanekaragaman lagu di Indonesia itu bermacam - macam. Mereka pun terletak di dalam otak memori seluruh Warga Negara Indonesia. Entah dari presiden hingga tukang las pun mempunyai 'point of view' dan 'soundtrack' sendiri- sendiri dalam menyukai sebuah lagu. Dan begitulah Indonesia yang tidak hanya kaya dengan alam dan kemiskinannya. Tetapi perbedaharaan lagu yang bermacam - macam dan berbeda. Dan itu yang membuat kita kagum dengan bangsa ini.

Tidak ada komentar: